widget UG

"
Banner Link Gunadarma
".

Kamis, 31 Januari 2013

SISTEM OPERASI ANDROID


Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Saat ini Android dikembangkan dibawah naungan perusahaan Google Inc.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.
Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

Nama-nama Versi OS Android (Codename Android)

Nama-nama Versi OS Android (Codename Android) Mungkin bagi sebagian orang istilah-istilah mengenai Android masih agak asing dan membingungkan. Hal ini mungkin disebabkan masyarakat kita lebih mengenal gadget berbasis branded handphone seperti Nokia, Blackberry dan iPhone yang langsung menjual handphone dengan merk dan sistem operasi milik mereka sendiri (Nokia dengan Symbian-nya, Blackberry dengan Blackberry OS dan iPhone dengan iOS nya).
Berbeda dengan Android, smarthphone Android, sistem operasi Android tidak terikat ke satu merek handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung, Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain. Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik.
Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi Hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE & WiMAX) serta juga kemampuan dasar handphone pada umumnya.
Nah, kembali ke permasalahan utama mengenai versi OS yang sudah dirilis oleh Android. Sampai saat ini Android telah merilis 7 versi OS yaitu Android Versi 1.5 (Cupcake), Android Versi 1.6 (Donut), Android Versi 2.0 (Éclair), Android Versi 2.2 (Froyo), Android Versi 2.3 (Gingerbread), Android Versi 3.0 (Honeycomb), dan versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) dan yang terbaru adalah versi 4.1 (Jelly Bean).

- Android Versi 1.5 (Cupcake)
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa versi Cupcake adalah versi Android pertama yang dibuat oleh Google. Di saat itu, fitur-fitur yang dimiliki oleh si Cupcake ini masih terbilang sedikit dibandingkan dengan versi-versi Android yang lain (maklum, versi pertama). HTC G1 adalah ponsel pertama yang menjalankan OS Android 1.6 Cupcake.
Saat HTC G1 dan Android Cupcake resmi dirilis adalah disaat OS Symbian sedang mencapai popularitas tinggi, jadi mau tak mau OS Android pasrah dulu (apalagi Android belum banyak dikenal oleh negara).

- Android Versi 1.6 (Donut)
Inilah versi kedua OS Android kedua dari Google. OS ini diberi nama Doughnut (v2.1). Salah satu ponsel yang juga memaki OS tersebut adalah HTC G1. Doughnut juga memberi fitur lebih daripada OS Android 1.5 Cupcake.

- Android Versi 2.0/2.1 (Eclair)
Versi Android awal yang mulai dipakai oleh banyak smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface dan merupakan versi Android yang pertama kali mendukung format HTML5.

- Android Versi 2.2 (Froyo : Frozen Yoghurt)
Android 2.2 dirilis dengan 20 fitur baru, antara lain peningkatan kecepatan, fitur Wi-Fi hotspot tethering dan dukungan terhadap Adobe Flash.

- Android Versi 2.3 (Gingerbread)
Perubahan utama di versi 2.3 ini termasuk update UI, peningkatan fitur soft keyboard & copy/paste, power management, dan support Near Field Communication.

- Android Versi 3.0 (Honeycomb)
Merupakan versi Android yang ditujukan untuk gadget / device dengan layar besar seperti Tablet PC; Fitur baru Honeycomb yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration (Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011).
Google memutuskan untuk menutup sementara akses ke source code Honeycomb, hal ini dilakukan untuk mencegah vendor pembuat handphone menginstall Honeycomb pada smartphone. Karena di versi sebelumnya banyak perusahaan menginstall Android ke dalam tablet PC, yang menyebabkan user tidak puas dan akhirnya membuat citra Android tidak bagus.

- Android Versi 4.0 (Ice Cream)
Android 4.0 Ice Cream Sandwich diumumkan pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco) dan resmi dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011 di Hongkong. “Android Ice Cream Sandwich” dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Fitur utama Android ICS 4.0 ialah Face Unlock, Android Beam (NFC), perubahan major User Interface, dan ukuran layar standar (native screen) beresolusi 720p (high definition).

- Android Versi 4.1 (Jelly Bean)
Android versi 4.1 alias Jelly Bean adalah OS versi pertama yang dikembangkan Google untuk bisa menerapkan perlindungan dengan pengacakan tata letak alamat. Address Space Layout Randomization, yang biasanya disebut ASLR, merandomisasi lokasi memori library, stack, heap, dan struktur data lainnya. Akibatnya, hacker yang mengeksploitasi bug memori tidak dapat mengetahui lokasi mana yang akan disusupi kode jahat. Ketika dikombinasikan dengan pertahanan yang terpisah atau pencegahan eksekusi data, ASLR dapat lebih efektif menetralisir serangan tersebut.

Aplikasi Android Bagi Para Pelajar
Bagi Anda yang merupakan seorang mahasiswa ber-smartphone Android, terdapat beberapa aplikasi bagus untuk mendukung aktivitas Anda sebagai pelajar. Tak hanya bagus, aplikasi ini cukup bermanfaat bagi mereka yang masih duduk di bangku pendidikan. Jangan khawatir, karena aplikasi-aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play.

Evernote

Aplikasi digital ini mempunyai fungsi utama sebagai media penyimpanan dan pengarsipan catatan. Aplikasi pelajar Evernote ini juga bisa melakukan berbagai hal lain, seperti mengambil foto, membuat to do list, dan bahkan untuk meng-edit gambar. Salah satu fitur penting yang dimiliki oleh aplikasi pelajar Evernote ini adalah sinkronisasi catatan di beberapa perangkat.

Math formulary

Math Formulary merupakan sebuah aplikasi pelajar yang berguna untuk pembelajaran matematika.
Aplikasi Math Formulary ini bisa sedikit membantu mahasiswa jika kesulitan dan lupa akan rumus-rumus dasar matematika, seperti rumus aritmatika, aljabar, analisis, geometri, trigonometri, geometri analitik, logika dan lainnya.
Download atau mainkan aplikasi ini secara gratis:

Aldiko Book Reader


Aplikasi ini tergolong berbeda dengan lainnya, karena aplikasi ini bisa berjalan multi platform. Aplikasi pembaca eBook ini menjadi jujukan para pengguna smartphone untuk disisipkan di perangkat mobile-nya. Kurang lebih ada sekitar 200 buah buku e-Book yang tersedia. Pengguna juga bisa memilih berbagai bahasa yang tersedia. Untuk pengoperasiannya, bisa membaca deskripsi yang tertera atau memanfaatkan alat pencarian untuk mencari e-Book yang menarik.

Wikidroid (Wikipedia Browser)

WikiDroid adalah sebuah aplikasi pelajar yang memberikan informasi layaknya situs Wikipedia. Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi WikiDroid ini untuk mencari berbagai referensi informasi yang berhubungan dengan jurusan di perkuliahan. Aplikasi WikiDroid akan memberikan kemudahan dalam pencarian artikel-artikel dari Wikipedia ke dalam smartphone Android. Aplikasi Wikidroid juga menyediakan percarian dengan suara.

Remember the Milk

Aplikasi bernama unik ini memudahkan perencanaan jadwal kegiatan sehari-hari. Dengan aplikasi perencanaan ini, pengguna dapat mengatur jadwal dengan efisien. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam mengatur setiap kegiatan, ataupun tugas kuliah. Pengguna dapat melakukan sinkronisasi teks dengan akses online ke internet. Jadi, pengguna bisa menyimpan data tersebut tanpa perlu khawatir hilang.

GPA & Final Exam Calculator

Aplikasi pelajar satu ini berguna untuk menghitung GPA atau IPK. Aplikasi GPA Calculator ini cocok untuk mahasiswa yang tidak begitu mengingat hasil-hasil ujiannya. Aplikasi GPA Calculator dapat membantu mahasiswa untuk mengingat dan menghitung poin IPK secara keseluruhan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat diatur dan disesuaikan menurut metode penghitungan nilai yang berbeda.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar