widget UG

"
Banner Link Gunadarma
".

Rabu, 17 Oktober 2012

Organisasi & Arsitektur Komputer

Etika penulisan di internet

Terdapat beberapa aturan dan kaidah dalam penulisan, yaitu :


1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar serta sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Meskipun banyak yang menggunakan bahasa yang tidak resmi, tetapi bahasa tersebut haruslah dimengerti oleh semua pembaca, jika perlu tambahkan keterangan untuk sebuah kata yang belum umum.




2. Tidak meng-copy-paste atau menjiplak hasil karya orang lain. 

Dilarang keras copy-paste (menjiplak/meniru) secara menyeluruh dari tulisan orang lain tanpa menyebutkan sumber aslinya. selain itu adalah melanggar hak cipta dari seseorang, sehingga pembaca akan beranggapan bahwa sang penulis tidak dapat untuk membuat hasil karya / tidak profesional.  

No copy-paste!!


3. Isi tulisan atau artikel tidak mengandung SARA ataupun menghina orang lain. Hendaklah memperhatikan tulisan jika ingin berbicara tentang orang lain atau golongan lain, jangan pernah mengandung sesuatu yang dapat menyinggung/mengganggu yang berbeda dari kita, seperti masalah suku, adat, ras dan agama (SARA) dan pornografi.


4.Jangan membuat tulisan yang ditujukan untuk memprovokasi orang lain, apalagi provokasi tersebut untung keuntungan pribadi. Dan jangan pernah memasukan kata-kata yang memaksa agar orang lain mempunyai pikiran yang sama dengan kita.

NO provokasi!!

5.Ketika harus menyebutkan sebuah nama untuk tujuan / masalah yang belum jelas, pergunakan inisial atau jangan pergunakan sama sekali nama orang yang bersangkutan.



6. Data dan Fakta yang ada di setiap tulisan haruslah mengandung kebenaran, seperti sebuah data real atau hasil penelitian haruslah dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Atau jika mau mengambil dari hasil penelitian orang lain, kita harus menuliskan sumber yang jelas atas data yang dicantumkan dalam tulisan.

7. Tulislah semua sumber atas kutipan ide atau kutipan tulisan yang kita ambil dari orang lain. Karena setiap tulisan, baik tulisan internet maupun tulisan lainnya sebenarnya adalah karya cipta orang lain yang harus dihargai oleh siapapun. 

8. Jika terjadi kesalahan dalam penulisan, minta maaflah kepada semua pembaca. Karena sesuai dengan kata-kata bijak, "meminta maaf tidak akan membuat seorang menjadi hina bahkan sebaliknya".


2 komentar: