Perbedaan Arsitektur Komputer
dengan Organisasi Komputer
1.
Arsitektur Komputer
Dalam
bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
Arsitektur komputer ini merupakan atribut-atribut sistem computer yang terkait
dengan seorang programmer serta merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi
fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan
proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan
dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan
mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah set instruksi,
aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O , arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene,
dll.
Arsitektur komputer juga
dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai
cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan
sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target
biayanya.
2.
Organisasi Komputer
Organisasi
komputer adalah
bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar
komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka,
teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol. Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka,
teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar